Posted by : Unknown Sabtu, 16 Januari 2016


Modulator FM (Narrowband, Wideband) adalah proses menumpangkan sinyal informasi pada sinyal pembawa (carrier) sehingga frekuensi gelombang pembawa (carrier) berubah sesuai dengan perubahan simpangan (tegangan) gelombang sinyal informasi. Jadi sinyal informasi yang dimodulasikan (ditumpangkan) pada gelombang pembawa menyebabkan perubahan frekuensi gelombang pembawa sesuai dengan perubahan tegangan (simpangan) sinyal informasi. Pada modulasi frekuensi sinyal informasi mengubah-ubah frekuensi gelombang pembawa, sedangkan amplitudanya konstan selama proses modulasi. Proses modulasi frekuensi digambarkan sebagai berikut:


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXpdkjcjUfz-2SkHRXbiL1QrVKotVtRJVgdJ0_KDza4yXm0ey4NXQwUe73BFQAquC0_aWsVwOCWxiI0qFyI2M6ZAK8lP6AJ8cY2LGK8rpV2g7yiuxg1rPW_z-Ekzv9-G1J4lNhyphenhyphenNl3Tpg/s400/1.jpg
Pada rangkaian ini intinya ialah, sinyal informasi yang ditumpangkan  pada sinyal carrier nantinya akan berbentuk sinyal carrier dan kemudian akan sama dan sesuai dengan sinyal informasinya.dirangkaian ini juga sinyal pemodulasi akan masuk ke kapasitor lalu masuk kepada dioda varaktor dimana nilai ini dirancang untuk memberikan nilai kapasitansi variabel sebagai fungsi dari tegangan yang diberi-kan pada terminalnya. Diode varaktor ini juga merupakan diode yang diberi tegangan balik. Jadi apabila tegangan input merupakan sebuah sinyal carier, maka frekuensi dalam modulatorpun akan berubah sesuai dengan sinyal carriernya.
Rangkaian mendapat catu tegangan VCC melalui sebuah RFC (radio frequency choke) yang berfungsi sebagai penahan sinyal RF masuk ke batere VCC.  Sinyal pemodulasi di-masukkan melalui satu RFC juga yang berfungsi menahan sinyal RF untuk masuk ke sumber sinyal pemodulasi. Sementara sinyal termodulasi FM diperoleh dari kolektor transistor. Kemudian sinyal yang keluar merupakan sinyal carrier seperti yang tertera pada gambar diatas tersebut.
Demikian penjelasan dari saya ( Christian manasye) 2ib05

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © CHRISTIAN MANASYE - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -